Roda Kehidupan Indonesia

Mengupas fenomena kehidupan Indonesia

Selasa, 19 Mei 2015

Kesehatan penduduk Indonesia


Kesehatan adalah suatu investasi yang sangat berharga. Lalu apakah sudah ada upaya terhadapt diri kita sendiri untuk menjaga kesehatan? Masih banyak sekali masyarakat yang tidak peduli sama sekali terhadap kesehatan. Contohnya saja membuang sampah sembarangan atau membuang sampah ke sungai. Padahal tindakan tersebut dapat menyebabkan wabah penyakit.

Dalam Undang-undang Nomor 23 tahun 1992 tentang Kesehatan ditetapkan bahwa kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomi.

Kesehatan masyarakat juga dipengaruhi oleh perhatianya pemerintah. Puskesmas adalah salah satu bentuk perhatian pemerintah terhadap kesehatan masyarakat. Dengan adanya Puskesmas yang ada di pedesaan, dapat membantu masyarakat untuk berobat sehingga mereka tidak perlu jauh-jauh pergi ke kota untuk berobat. Saat ini, jumlah Puskesmas di seluruh Indonesia adalah 7.550 unit, Puskesmas Pembantu 22.002 unit dan Puskesmas keliling 6.132 unit.

Di negara kita mereka yang mempunyai penyakit diperkirakan 15% sedangkan yang merasa sehat atau tidak sakit adalah selebihnya atau 85%. Selama ini nampak bahwa perhatian yang lebih besar ditujukan kepada mereka yang sakit. Sedangkan mereka yang berada di antara sehat dan sakit tidak banyak mendapat upaya promosi. Untuk itu, dalam penyusunan prioritas anggaran, peletakan perhatian dan biaya sebesar 85 % seharusnya diberikan kepada 85% masyarakat sehat yang perlu mendapatkan upaya promosi kesehatan.

Berikut ini masalah yang ada dalam membangun kesehatan      :
1.      Kesadaran masyarakat terhadap kesehatan masih rendah
2.      Kinerja pelayanan kesehatan yang rendah.
3.      Pelayanan kesehatan yang belum merata.
4.      Terbatasnya tenaga kerja

Itulah beberapa masalah yang ada dalam membangun kesehatan masyarakt di Indonesia. Semoga pemerintah dari waktu ke waktu bisa memberikan terobosan baru dalam meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia.

Terima kasih sudah membaca artikel saya. Salam


0 komentar:

Posting Komentar