Roda Kehidupan Indonesia

Mengupas fenomena kehidupan Indonesia

Senin, 18 Mei 2015

Transmigrasi di Indonesia


Anda tau apa arti transmigrasi?. Ya betul! Transmigrasi adalah perpindahan penduduk dari suatu daerah ke daerah lain. Jadi upaya inilah yang dilakukan oleh pemerintah untuk mengurangi jumlah kepadatan penduduk disuatu daerah. Contohnya penduduk Jakarta dipindahkan ke Kalimantan, hal ini berguna untuk mengurangi jumlah penduduk yang menempati Jakarta, sehingga tidak terjadi kepadatan penduduk yang luar biasa.

Terpusatnya kegiatan politik pemerintahan dan ekonomi Indonesia di pulau Jawa menyebabkan tidak berkembangnya politik ekonomi di pulau lainya.sebanyak 60% dari 237,6 juta penduduk indonesia kini mendiami pulau jawa yang luasnya hanya 7% dari luas keseluruhan wilayah di Indonesia.Padahal Indonesia sendiri dikenal sebagai negara archipelago atau negara kepulauan,sedangkan hanya satu pulau yang dihuni oleh lebih dari separuh penduduk Indonesia,bagaimana hal-nya dengan 93% dari wilayah indonesia?

Banyak dari wilayah itu yang mendiami hanya penduduk asli atau orang pribumi. Oleh karena itu progam transmigrasi ini dijalankan oleh pemerintah demi mengurangi kepadatan penduduk termasuk didalam wilayah pulau Jawa. Tetapi transmigrasi tak semudah yang kita pikirkan, karena ternyata masih ada saja kendala yang datang. Berikut ini adalah kendala yang timbul dalam transmigrasi :

1.               Konflik Pribumi dengan Pendatang

Terkadang penduduk pribumi tidak menyukai para pendatang yang ingin tinggal didaerah yang ditempati oleh penduduk pribumi. Hal inilah yang membuat para pendatang takut untuk bertransmigrasi. 

      2. Keadaan Ekonomi para Transmigran

Masalah ekonomi adalah masalah yang sudah umum. Karena keterbatasan uang yang dimiliki, sehingga masyarakat sulit untuk melakukan transmigrasi. Seharusnya pemerintah harus lebih peduli terhapap para tranmigran.

     3. Kurangnya Fasilitas ditempat Transmigrasi

Ketika fasilitas yang ada tidak memungkinkan, para transmigran pasti akan mulai berpikir tentang kesulitan yang akan dialami selama tinggal diwilayah yang kurang akan fasilitas.

     4. Keadaan Lingkungan

Tanah tandus, kurang air bersih, tidak ada arus listrik. Hal ini memang sangat sulit diterima bagi para transmigran untuk tinggal didaerah seperti itu. Karena mereka pasti akan berpikir, jika berada diwilayah itu pasti akan menderita.

Itulah beberapa kendala yang timbul pada saat akan melakukan transmigrasi ke wilayah lain. Semoga pemerintah dapat mengatasi masalah tersebut, sehingga para transmigran mau berpindah tempat, agar tidak terjadi kepadatan penduduk. Terima kasih sudah membaca artikel saya kali ini. Semoga bermanfaat. Salam

0 komentar:

Posting Komentar